perpisahan

hari ini aku mendengar kabar bahagia dari seorang sahabat, kami sudah menjadi sahabat lebih dari 15 tahun tapi kami menjadi dekat sejak tahun 2000 itu berarti kami sudah menjadi sahabat selama 11 tahun. Kami melewati hari-hari kami bersama-sama, mengerjakan tugas bersama, mengaji bersama, melewati tiap hari bersama..sampai tahun 2004 kami pun lulus bersama. Sahabatku ini menjadi lulusan terbaik saat itu, aku bangga sekali dengan dia. kemudian kami bekerja di tempat yang sama, bedanya dia menjadi staff rektorat, dan aku staff kemahasiswaan. tapi semua tetap sama, kami menjalani semua sama-sama karena kami mengajar jadi banyak hal yang bisa kami jadikan bahan diskusi.

Tahun 2005 awal aku mendapatkan beasiswa S2 dari Dekan sehingga aku meneruskan sekolah di gedung nusa mandiri,tapi sahabatku ini tidak mendapatkan tawaran karena tidak diijinkan oleh atasanya dengan alasan sibuk dengan tugas kantornya. hingga suatu saat aku di ajak ikut tes s2 Universitas Indonesia bersama dia, aku ikut saja karena saat itu aku juga mau membuktikan kepada Bapakku  klo aku bisa masuk Universitas Indonesia seperti cita-cita awalnya.

kemudian kami mengikuti tes itu bareng-bareng dan kami berdua pun alhamdulillah dinyatakan lulus seleksi dan masuk matrikulasi

ak dan sahabatku itu, menjalani semuanya bersama bahkan sampai lulus pun kami sama-sama, padahal waktu itu aku sudah sidang proposal duluan dari dia. ga tau kenapa aku pingin bisa lulus bersama-sama.

kami jalani wisuda kedua kali bersama-sama, di balairung depok UI 31 januari 2009…akhirnya kami bisa lulus setelah perjuangan panjang

aku masih meneruskan karirku sama seperti sebelumnya, bersama sahabatku ini..sejak tahun 2008 pula kami satu ruangan di ruang FTI2. status kami saat ini adalah dosen tetap. bukan lagi dosen merangkap karyawan seperti sebelumnya.

otomatis karena kami satu ruangan, banyak hal yang kami lalui lebih intens, lebih dekat, seperti keluarga karena hampir sebagian besar waktu kami adalah di kampus.

hari ini, sahabatku itu bercerita akan keluar dari kantor..dia mau resign! ak shock! aku sedih, aku ingin menangis dan memeluknya utk mengatakan jangan pergi..

aku sungguh tak menyangka dia akan pergi dengan cepat, di satu sisi aku senang akhirnya dia menemukan jalan. di sisi lain aku sedih karena aku harus berpisah dari dia, utk selamanya…dia ga ada lagi di sini, di ruangan ini. dia ga ada lagi bersamaku, ga bisa share ketawa2 seperti dulu…

aku pikir aku akan bersama dia selamanya seperti pendahulu-pendahulu kami, aku ga pernah  berpikir aku akan di tinggal tapi ak sering berpikir akan meninggalkan dia…(maaf ya sahabat)

sejujurnya aku juga merasa tidak nyaman di sini, tapi tidak tahu kenapa…aku berat, berat sekali meninggalkan yayasan ini…

sahabat….aku pasti akan merindukanmu, aku pasti akan merindukan jokes-jokes mu…

seandainya saja aku bs bilang…..”jangan pergi…………….”

semoga…di tempatmu yang baru kamu menemukan teman yang jauh lebih baik, lingkungan yang jauh lebih baik, atasan yang jauh lebih baik…semoga kamu menemukan apa yang kamu cari saat ini…

semoga….kita bisa bertemu kembali….

Leave a Reply

